Sejarah Peci dan Indonesia


PENDAHULUAN : Dahulu kala Peci merupakan pakaian sehari-hari dari setiap muslim laki-laki di Indonesia , seiring dengan kemajuan zaman menurut orang –orang berpendidikan tinggi serta pengaruh dari kebudayaan asing apakah dari BARAT atau dari ARAB maka pada saat ini peci hanya di pakai pada waktu-waktutertentu saja ,diantara pada waktu sholat , resepsi tertentu.Sedangkan untuk kegiatan sehari-sehari orang lebih memilih pakai topi , atau tanpa penutup sama sekali (Kecuali untuk haji – haji ), Sejarah mengenai peci itu sendiri sampai saat ini tidak ada yang tahu persis kapan munculnya dan apa yang melatarbelakangi (falsafah hidup yang ada di dalamnya). Berdasarkan informasi yang di dapat oleh penulis , peci mula-mula di perkenalkan pada tahun 1400an setelah LAKSAMANA CHENG HO datang ke Indonesia . PECI berasal dari kata PE (artinya delapan) dan CHI (artinya energi), sehingga arti peci itu sendiri merupakan alat untuk penutup bagian tubuh yangbisa memancarkan energinya ke delapan penjuru angin. PECI itu sendiri kadang-kadang disebut SONGKOK yang berarti KOSONG DARI MANGKOK , dengan pengertian falsafah hidupnya hanya mangkok yang kosong yang hanya dapat diisi dengan ILMU dan BERKAH . Kadang –kadang PECI disebut juga KOPIAH yang berarti KOSONG KARENA DI PYAH (artinya kosongkarena di buang ,apayang di buang ? yang di buang adalah semua kebodohan dan rasa iri hati serta dengki yang merupakan penyakit bawaan syaitan).
MISI : Sesuai dengan perkembangan zaman yang mengarah kepada globalisasi dimana batasan antara negera menjadi teransparan , tetapi sebagai suatu bangsa hendaknya bangsa indonesia tidak meninggalkan Jati Dirinya . Sehingga sering kali kita baca /dengar orang – orang bilang bahwa kita Bangsa Indonesia Sudah Kehilanngan Jati Dirinya , sebagaimana dituliskan diharian KOMPAS , Minggu ,18 Mei 2008 Halaman 19 Mengenai “ KEBANGSAAN YANG DI TANDAI MELALUI PAKAIAN ”, dimana di gambarkan pada tulisan tersebut bahwa Mr.Soekarno berhasil menjadikan PECI sebagai “ SIMBOL NASONALISME ”, dan karena itu tidaklah heran maka setelah indonesia merdeka, maka Kemerdekaan itu menjalar ke seluruh penjuru Dunia / Memancarkan ke 8 Arah Mata Angin dengan Pusat Indonesia (sesuai dengan makna arti PECI itu sendiri di bagian pendahuluan), diantaranya menjalar ke Philipina (12-6-1946) , Yugoslavia (31-1-1946) , Suriah (17-4-1946), Srilanka (4-2-1948) , Pakistan (14-8-1947) , India(15-8-147) , Myanmar (4-11-1948) , Korea (15-8-1948) , China (1-10-1948) , Laos (19-7-1949) , Libya (24-12-1951) , Kamboja (17-4-1947) , Vietnam (21-7-1954) , Malaysia (31-8-1957) , Maroko (2-3-1956), Tunisia (20-3-1956) , Kongo (15-8-1960) , Madagaskar (26-6-1960) , Nigeria (1-10-1960), Kuwait (19-6-1961) , Zaire (30-6-1960) . Oleh karena itu pada masa itu setiap warga Negara Indonesia sangatlah bangga menjadi Bangsa Indonesia ,dan INDONESIA DIPERHITUNGKANSEKALI DENGAN BANGSA-BANGSA LAIN .
Kalau kita amati betul , tahun 2008 ini dimana 20 mei 2008 adalah Hari Kebangkitan Nasional yang ke 100 , dan bertepatan dengan hari WAISAK ke 2552 , maka Momentum ini adalah sangat penting untuk Bangsa Indonesia kalau betul-betul MAU BANGKIT dari keterpurukannya. Jadi untuk bisa bangkit maka bangsa Indonesia ini harus Sadar dan Elingserta kembali lagi ke titik Nol / Kosong dimana pada posisi tersebut berkah akan datang .
Untuk itu sesuai dengan makna arti SONGKOK maka setiap warga Negara Indonesia yang merasa dirinya muslim , hendaknya memakai kembali songkoknya dalam kehidupan sehari-hari nya ,karena SONGKOK itu merupakan Jati Diri dari Bangsa Indonesia .
VISI : Dengan bangsa Indonesia menemukan Jati Dirinya lagi , diharapkan bangsa ini bisa melewati pintu gerbang kemerdekaan yang telah di raih oleh para pejuang dulu ,karena mereka hanya “ MENGHANTARKANBANGSA INI KE DEPAN PINTU GERBANG KEMERDEKAAN ”, Sehingga bisa dicapai tujuan hidupdari berbangsa dan bernegara Indonesia ini.
PENUTUP : Demikianlah sedikit tulisan mengenai peci dan bangsa Indonesia ini , dan sebagai penghargaan kepada Mr.Soekarno yang telah berhasilmenjadikan PECI sebagai SIMBOL NASIONALISME serta dalam menjalankan semboyan Bangsa yang besar adalah Bangsa yang bisa mengahargai Jasa para Pahlawannya, maka toko CROWN MAS sebagai salah satu dari berjuta-juta perusahaan di Indonesia dengan ini membuat PECI dengan merek Mr.Soekarno ( Sama seperti kalau ada Jln. Soekarno – hatta , Gelora Bung Karno,dll ) sebagai penghargaan kepada beliau yang merupakan salah satu FOUNDING FATHER dari Bangsa Indonesia . Dengan demikian di harapkan setiap warga Negara Indonesia setiap mereka memakai PECI , mereka akan ingat selalu kepada FOUNDING FATHER bangsa ini dan terlaksanalah menjadi Bangsa yang Besar sesuaisemboyan di atas.
Akhir kata kami panjatkan puji syukur kepada ALLAH YANG MAHA KUASA , dan mohon doa restunya dari seluruh pahlawan yang telas mendirikan Bangsa ini.

 
2012 Istana Peci | Header Image by Game Wallpapers
Avatar Gamezine Designed by Cheapest Tablet PC
Supported by Phones 4u